Saturday, July 21, 2012

Jabar Bidik 16 Medali Emas Cabor Renang


BANDUNG – Tim renang Jawa Barat tetap bertekad mempersembahkan medali emas terbanyak di Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII 2012 yang akan digelar di Riau, September mendatang, yaitu dengan menargetkan 16 medali emas dari 32 nomor. Meskipun venues yang akan digunakan untuk bertanding nanti dinilai kurang refresentatif dan tidak sesuai standar.
 
Meski begitu, beruntung para perenang Jabar sudah terbiasa dengan keadaan seperti itu. Pasalnya, Jabar juga tidak mempunyai sarana yang memadai untuk berlatih. Selama ini, tim renang Jabar sering menggunakan kolam renang Karang Setra untuk menjalakan program latihan mereka.
 
“Kolam renang yang akan digunakan di Riau nanti, memang kurang ideal tapi kita tetap optimis bisa mengantongi 16 medali emas dari berbagai nomor sesuai dengan target kita. karena memang Jabar juga tidak mempunyai kolam ideal untuk berlatih, kita saja latihan di tempat wisata air, jadi saya kira anak-anak sudah terbiasa,” tegas Sekretaris Umum Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Jabar, Verdia Yosef.
 
Menurut Yosef, idealnya untuk luas kolam renang menurut standar internasional itu adalah 50 x 25 m, namun di kolam yang ada di Riau ukuran luas saja, kurang dari ukuran tersebut. Sehingga memaksakan jarak per lintasan hanya 2.5 meter saja. Padahal jarak perlintasan seharusnya 3 meter, untuk menghindari gelombang air yang dihasilkan para atlet.
 
“Luas kolam yang digunakan memang harus ideal dan disesuaikan dengan kedalaman air, kolam itu juga harus ada 10 linstasan, tapi Riau hanya ada delapan lintasan,” katanya.
Meskipun demikian, pihaknya tetap berharap perhatian dari pemerintah provinsi untuk segera merealisasikan pembangunan kolam renang yang berstandar internasional. Hal ini Yosef menilai wajar, pasalnya cabang olahraga renang Jabar terus menunjukan prestasi yang membanggakan untuk Tanah pasundan.
 
Saat PON Kaltim lalu saja, dari tim renang bisa memperoleh delapan medali emas, sekaligus menempatkan salah satu cabor penyumbang emas terbesar untuk Jabar. “Renang butuh regenerasi atlet dan itu memerlukan sarana yang tepat. Saya kira itu sudah tugasnya pemerintah untuk melengkapi sarana olahraga di Jawa Barat, kalau memang pemerintah peduli terhadap prestasi olahraga yangisa mengharumkan nama baik Jabar,” ungkap Yosef.
 
Saat ini kesiapan tim renang Jabar terus dimaksimalkan demi mencapai raihan target mendulang medali emas terbanya. Selain sentralisasi, para atlet Pelatda renang telah diikutsertakan mengikuti beberapa kejuaraan hingga menjelang PON Riau 2012.
 
“Kami berharap tim renang Jabar kembali menjadi yang terbaik di PON Riau. Karena persiapan yang dilakukan tim renang sudah dimaksimalkan,”pungkasnya.
(Panji Qadhafi/Koran SI/hmr)

No comments:

Post a Comment