Tuesday, July 17, 2012

Klub Inggris Serbu Asia


ALEXANDER NEMENOV / AFPManchester United, tim olahraga terkaya dunia versi "Forbes".

LONDON, — Klub-klub Liga Primer Inggris mulai keluar sarang menuju Asia. Perjalanan antarbenua ini setali tiga uang, menggarap aspek bisnis dan pemanasan menjelang musim kompetisi baru yang akan bergulir 31 hari lagi. Klub-klub Serie A Italia juga memulai persiapan, akhir pekan ini.

Juara Liga Primer Inggris musim lalu, Manchester City, dan klub termahal dunia versi majalah Forbes, Manchester United (senilai Rp 21 triliun lebih), akan menuju sejumlah negara di Asia. Demikian juga Arsenal, Queens Park Rangers (QPR), dan Sunderland merapat ke Asia untuk promosi dan pemanasan.

MU menuju ke Afrika Selatan untuk melawan AmaZulu FC di Durban, Rabu (18/7/2012). Tim yang 19 kali menjuarai Liga Primer ini akan terbang ke ujung selatan Benua Afrika melawan Ajax Cape Town pada Sabtu (21/7/2012), sebelum berangkat ke China.

Di China, MU—yang tidak diperkuat Wayne Rooney, Nani, dan Danny Welbeck—akan melawan klub baru Didier Drogba, Shanghai Shenhua, pada 25 Juli. Ferguson membawa 22 pemain, termasuk Rio Ferdinand, Paul Scholes, dan Shinji Kagawa, yang baru direkrut dari Borussia Dortmund.

Awal musim ini, MU akan kembali diperkuat bek tengah Nemanja Vidic dan Tom Cleverley yang pulih dari cedera. Vidic menjadi tumpuan utama saat sejumlah pemain bertahan MU, seperti Chris Smalling dan Jonny Evans, cedera.

City dan Arsenal yang berusaha menggalang basis suporter di Asia juga akan berkunjung ke Malaysia, China, dan Hongkong. City dan Arsenal yang membawa skuad intinya akan melawan Malaysia XI di Stadion Bukit Jalil.

”Kami ingin menunjukkan dan membuktikan bahwa kami klub yang lebih baik dan semoga menjadi tim terbaik dunia dalam 10 tahun ke depan,” ujar bek tengah dan kapten City, Vincent Kompany.

Queens Park Rangers juga akan ke Malaysia sebelum ke Indonesia untuk melawan Persebaya Surabaya pada 23 Juli. Tiket untuk laga QPR dan Persebaya disiapkan 45.000 lembar. Jika karcis sebanyak ini terjual habis, jumlahnya lebih banyak dari suporter QPR yang menonton langsung laga QPR di Liga Primer.

”Pertandingan ini akan mengangkat QPR dan menarik lebih banyak suporter di Indonesia. Ini juga bagus untuk menambah pengalaman para pemain kami,” ujar Abi Hasantoso, Juru Bicara Liga Primer Indonesia.

Piala Trofeo

Tiga klub raksasa Italia, Inter Milan, Juventus, dan AC Milan, akan menjalani pemanasan dalam turnamen Piala Trofeo di Bari pada Sabtu. Musim lalu, Inter juara Piala Trofeo.

Musim ini, Inter memasukkan pemain-pemain muda, seperti Coutuinho dan Samuel Longo, untuk bersaing meraih scudetto di bawah pelatih muda Andrea Stramaccioni yang memainkan formasi 4-2-3-1.

Juventus juga memperkuat skuad dengan merekrut Sebastian Giovinco dari Parma dan bek veteran Lucio dari Inter. Giovinco diharapkan menjadi andalan lini depan Juve yang tumpul musim lalu.

AC Milan akan menguji kekuatan skuadnya yang baru saja dirombak habis-habisan. Milan kehilangan pemain-pemain veteran serta dua pilar, Thiago Silva dan Zlatan Ibrahimovic, yang dijual ke Paris Saint Germain. (Reuters/AFP/AP/ANG)

No comments:

Post a Comment