Monday, July 16, 2012

Garuda Diminta Tetap Dukung Kontingen Indonesia

garuda-indonesia.com
garuda-indonesia.com

JAKARTA – Garuda Indonesia diminta tetap mendukung keberangkatan atlet Indonesia yang akan bertarung pada Olimpiade 2012 di London, Inggris. Permintaan ini terkait mangkirnya maskapai plat merah tersebut untuk memberangkatkan tim Merah Putih.

Hal itu diungkapkan mantan Wakil Ketua Komisi X DPR, Abdul Hakam Naja. Dia menyatakan, sebaiknya Garuda menyediakan fasilitas bagi kontingen Indonesia ke mancanegara. Sebab, Garudan merupakan maskapai penerbangan nasional terbesar milik negara.

Menurut Hakam,  saat ini masih ada persoalan regulasi yang harus dipatuhi Garuda Indonesia untuk masuk ke London. Namun, Garuda masih boleh landing di Amsterdam, Belanda. Letak kedua Negara itu sebenarnya tidak terlalu jauh. Karena itu, demi menghemat anggaran negara, sebaiknya Garuda tetap mendukung keberangkatan kontingen Indonesia.

“Nantinya kan, tiket yang dibeli bisa dikembalikan pada negara,” kata Hakam dalam rilis yang diterima Okezone, Selasa (17/7/2012).

Dia menambahkan, apapun keputusan yang telah diambil oleh KOI terkait teknis keberangkatan kontingen Indonesia ke olimpiade, sebaiknya tidak merugikan para atlet. “Atlet kami harus diberikan dukungan penuh agar hasilnya maksimal di olimpiade nanti, dan berhasil membawa emas,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota Komisi X DPR dari fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Reni Marlinawati Amin, menyayangkan sikap Garuda Indonesia yang enggan memberikan dukungannya terhadap kontingen Indonesia untuk mengikuti olimpiade di London. Menurutnya, sikap itu bertentangan dengan semangat nasionalisme yang harusnya diutamakan Garuda Indonesia sebagai BUMN.

"Kalau sikapnya seperti itu, sepertinya Garuda hanya menggunakan kepentingan saja. Kalau begitu, dia sama dengan bukan BUMN," katanya. Sebagai BUMN, lanjutnya, tanpa diminta pun seharusnya Garuda menawarkan diri untuk ikut serta mendukung Indonesia di olimpiade sebagai  bentuk keberpihakan terhadap kepentingan nasional. "Prestasi Indonesia di kancah olah raga internasional itu menjadi pencapaian nasional dan wajib untuk didukung, terlebih oleh BUMN," tegasnya.

Ia pun mendorong agar Kemenpora mengirimkan surat resmi ke kementerian BUMN  untuk meminta Garuda agar memberikan dukungannya terkait keikutsertaan kontingen Indonesia di olimpiade. "Tanpa itu pun harusnya Garuda proaktif. Toh kesuksesan kontingen kita di ajang dunia juga menjadi kesuksesan Garuda," kata Reni. (fmh)

No comments:

Post a Comment