Tuesday, July 24, 2012

Ratusan Atlet Kena Sanksi Doping

Logo Olimpiade 2012. (Foto: Ist)
Logo Olimpiade 2012. (Foto: Ist)

LONDON – Usaha Agen Anti Doping Dunia (WADA) untuk membasmi doping tidak main-main. Meski penyelenggaraan Olimpiade tinggal menghitung hari, tapi ratusan atlet terkena sanksi karena menggunakan doping.

Pemimpin WADA John Fahey mengatakan, para penguji memang sudah mengetes sejumlah atlet dalam usaha mencegah atlet untuk menggunakan obat doping selama ajang berlangsung di London.

“Dalam waktu enam bulan sejak 19 Juni kemarin, paling tidak 107 atlet sudah terkena sanksi. “Saya tidak bisa memastikan berapa obat yang berkualitas, tapi saya sangat senang mengatakan mereka tidak akan bersama kami di London,” kata Fahey dalam rapat Komite Internasional Olimpiade.

Pertandingan Olimpiade akan dimulai pada Jumat dan berlangsung hingga 12 Agustus. Meski kompetisi belum mulai, tapi WADA akan terus melakukan tes di perkampungan atlet dan hal itu akan dimulai pada 16 Juli.

Sementara itu, pihak IOC mengatakan sudah mengetes sekitar 300 obat sejak tanggal dikeluarkan. Hasilnya, tidak ada atlet yang positif menggunakan obat doping tersebut. Fahey memastikan tidak ada atlet yang lolos dari tes doping.

“Mereka (para pengguna doping) seharusnya tahu menghindari pemeriksaan doping peluangnya sangat kecil sekali,” tandasnya, sebagaimana diberitakan Eurosport, Rabu (25/7/2012).

Seperti diketahui pada ajang Olimpiade sebelumnya di Beijing, ada sekitar 20 kasus yang terbukti menggunakan doping. Hasil ini lebih baik dari Olimpiade di Athena yang mana sekitar 26 kasus terbukti menggunakan doping.
(fit)

No comments:

Post a Comment

Post a Comment