Thursday, July 5, 2012

Kemenpora Selenggarakan Training Jurnalisme Online

Andy Mallaranggeng (Foto: Dok.Okezone)
Andy Mallaranggeng (Foto: Dok.Okezone)

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng menyambut baik kegiatan Bimbingan Teknis Jurnalisme Online dan Teknologi Informasi yang diadakan Kementrian Pemuda dan Olahraga. Dirinya berharap hal ini bisa meningkatkan sinergi di internal Kemenpora serta dengan organisasi-organisasi yang dibawahi Kemenpora.

Bimbingan teknis tersebut ditujukan untuk Penurus Pusat Organisasi Kepemudaan (OKP) dan Pengurus Besar PB cabang olahraga di Indonesia. Sudah ada 30 PB, mulai dari PSSI, PBSI, PBVSI, IPSI, PERSANI, dan yang lainnya yang memastikan ikut. Sementara dari OKP ada 31 peserta, diantaranya Pemuda Pancasila, KNPI Papua, Pemuda Panca Marga.

“Kami dengan segala keterbatasan ini hanya mampu mengantarkan mereka ke dalam bentuk bimbingan teknis ini, forum untuk mengantarkan mereka. Kalau para OKP mampu, mereka akan dewasa dan transparan,” ujar Sekretaris Kemenpora, Dra. Yuli Mumpuni, dalam acara pembukaan di wisma Menpora, Kamis (5/7/2012).

Menpora Andi Mallaranggeng memiliki harapan tersendiri dengan terselenggaranya acara tersebut. Pasalnya acara ini bisa memberikan ilmu baru bagi OKP dan PB dalam membuat website yang nantinya bisa disinergikan dengan website Kemenpora, yakni www.kemenpora.co.id, sehingga membuka informasi yang luas bagi masyarakat.

“Harapan kita dengan adanya kegiatan ini maka kita bisa meningkatkan lagi sinergi, pertama portal itu harus dikembangkan lagi, kedua OKP dan PB bisa mengembangkan website masing-masing untuk memberikan informasi dan pelayanan kepada masyarakat dan stakeholdernya masing-masing, yang kemudian nanti di link (hubungkan) dengan portal Kemenpora sehingga bisa terjadi sinergi ‘one stop shopping’ misalnya untuk informasi tentang kepemudaan dan keolahragaan bersama-sama dengan Kemenpora itu sendiri,” papar Menpora

“Kegiatan ini sangat berguna sekali supaya kita lebih bersinergi lagi dan memanfaatkan teknologi internet ini untuk informasi, pelayanan maupun berbagai macam kegiatan-kegiatan di Kemenpora maupun di organisasi kepemudaan dan organisasi olahraga,” tambahnya.

Sekretaris Kemenpora, Dra. Yuli Mumpuni menjelaskan bahwa dalam bimbingan tiga hari ini para OKP dan PB akan mendapat kurikulum mengenai pelajaran mendesain website online. Kegiatan ini juga sebagai bentuk dorongan bagi OKP dan PB untuk mengembangkan organisasinya dengan lebih transparan.

“Kegiatan ini adalah yang pertama kali, OKP jumlahnya ribuan dan yang sekarang kami ikut ada 31, harus realistis dan menyesuaikan juga dengan alokasi anggaran kami. Mudah2an ini berseri sampai semua OKP bisa mengikuti. Ini adalah trigger (pemicu) bagi mereka biar mereka lebih siap juga,” papar Yuni.
 
(seb)

No comments:

Post a Comment