Sunday, July 8, 2012

Tarung Derajat Jabar Bidik Juara Umum (Lagi)

BANDUNG - Jawa Barat berambisi menjaga status sebagai juara umum di cabang olahraga tarung derajat pada perhelatan akbar Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII 2012 di Pekanbaru, September mendatang. Dari 10 atlet yang akan turun di 7 kelas pertandingan, Jabar mengincar raihan minimal 3 medali emas seperti PON 2008 empat tahun lalu.
 
Selain mengacu pada hasil babak kualifikasi, persiapan para atlet Jabar untuk beradaptasi dengan kekuatan para petarung asal daerah lain yaitu dengan program uji coba. Program pemusatan latihan tim cabor tarung derajat Jabar sendiri selama ini dilaksanakan di Kabupaten Bandung.
 
“Tidak bisa dipungkiri kalau situasi dan kondisinya sekarang sudah terjadi pemerataan kekuataan di cabor tarung derajat ini. Jadi try out yang selama ini kita lakukan merupakan bentuk upaya untuk lebih mengenal kekuatan daerah lain,” terang Manajer cabor tarung derajat Jabar, Asep Herman kepada wartawan di kediaman pendiri tarung derajat, Achmad Derajat (Aa Boxer) di Buah Batu, Bandung.
 
Menurut Asep, beberapa daerah seperti Bali, Yogyakarta dan Jawa Tengah, selama ini kerap jadi mitra tanding para petarung tarung derajat asal Jabar.
 
“Terakhir kita try out ke Bali. Selain untuk ekhsibisi, pertandingan uji coba di Bali juga ditujukan untuk menjaga kondisi psikologis para petarung Jabar. Sebab bagaimanapun mereka juga butuh refreshing,” kata Asep.
 
Pada PON 2008 di Kalimantan Timur, tarung derajat Jabar berhasil meraih gelar sebagai juara umum dengan raihan 3 medali emas.
 
“Kita ingin semua kelas yang diikuti mendapatkan emas. Tapi kita harus lihat situasi dan kondisinya. Harus diakui persaingannya akan lebih berat dibandingkan PON 2008 lalu. Minimal kita bisa meraih 3 medali emas,” tegasnya.
 
Sisa waktu sekitar dua bulan sebelum penyelenggaraan PON. Asep mengungkapkan para atlet akan lebih difokuskan pada pemeliharaan kondisi.
 
“Pemusatan latihan selama ini kita laksanakan di Kabupaten Bandung. Kita sengaja pilih Kabupaten Bandung karena memiliki kondisi cuaca yang bisa dikatakan hampir sama dengan Kota Bengkalis, yaitu daerah penyelenggara cabor tarung derajat di PON 2012,” ungkap Asep.
 
Asep juga berharap di laga PON nanti para atlet Jabar bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya, sehingga bisa mendulang medali emas lebih dari pada yang ditargetkan.
 
“Saya berharap dengan sisa waktu dua bulan menjelang keberangkatan PON Riau, para atlet bisa lebih bersungguh-sungguh mempersiapkan diri, sehingga pada saatnya nanti bisa memperlihatkan kemampuan terbaik mereka dan meraih medali lebih dari yang ditergetkan,” pungkasnya.
(Panji Qadhafi/Koran SI/raw)

No comments:

Post a Comment

Post a Comment