Thursday, June 7, 2012

Inggris, "Drama Britania"


ADRIAN DENNIS / AFPStriker Inggris Wayne Rooney (kiri) dan gelandang sekaligus kapten Steven Gerrard (kanan) berdiskusi dengan pelatih Roy Hodgson saat sesi latihan di pusat latihan London Colney, Hertfordshire, Selasa (29/5/2012).

WARSAWA, — Badai cedera, isu rasialisme, dan kontroversi pelatih, itulah problem Inggris. Namun, semua itu tak cukup membuat "The Three Lions" terpental dari pacuan kandidat juara Euro 2012.

Empat pemain—John Ruddy, Frank Lampard, Gary Cahill, dan Gareth Barry—sudah terdepak dari skuad Inggris akibat cedera. Problem yang semestinya mendewasakan skill manajerial Roy Hodgson.

Namun, reputasi sang pelatih tercoreng dengan isu rasialisme setelah tak memasukkan Rio Ferdinand ke dalam skuadnya.

Belum lagi tetap mengandalkan Wayne Rooney yang harus absen dalam dua partai pertama Inggris.

Segala problem itu tak membuat "The Three Lions" keluar dari jajaran unggulan juara Euro di sejumlah rumah bursa.

Serba-serbi Inggris
* Lolos ke putaran final Euro 2012: Juara Grup G di babak kualifikasi

* Pelatih: Roy Hodgson (Inggris)

* Pemain kunci: John Terry, Steven Gerrard, Wayne Rooney

* Inggris adalah satu-satunya negara yang pernah memenangi Piala Dunia, tetapi tak pernah menjuarai Piala Eropa.

* Inggris adalah satu dari empat kontestan Euro 2012 yang gagal lolos di Euro 2008. Tiga negara lainnya adalah Denmark, Irlandia, dan Ukraina.

* Untuk kali pertama sejak Euro 2000 Inggris dipimpin oleh manajer lokal. Terakhir kali, kursi jabatan Hodgson diduduki Kevin Keegan.

* Rooney adalah satu-satunya pemain dari total 368 pesepak bola Euro 2012 yang sedang menjalani hukuman larangan bermain.

* Gerrard menjadi pemain Inggris ketiga yang tampil di ajang Euro, menyamai catatan Tony Adams, Alan Shearer, Sol Campbell, dan Gary Neville.

* Inggris terdepak empat kali di penyisihan grup Euro. Terbanyak di antara negara lainnya.

* Ini adalah kedelapan kalinya "St George's Cross" tampil dalam putaran final Piala Eropa. Mereka jadi satu-satunya tim yang tampil lebih dari lima kali, tetapi tak pernah mencapai final.

* Hanya sekali sebuah negara menjuarai Piala/Liga Champions dan Piala Eropa pada saat yang bersamaan, yaitu Belanda pada 1988.

No comments:

Post a Comment