Sunday, June 24, 2012

Indonesia Langsung Berjumpa Malaysia

Skuad Timnas Muda Indonesia. (Foto: Dok NBL)
Skuad Timnas Muda Indonesia. (Foto: Dok NBL)

SURABAYA – Tim Nasional Bolabasket U-18 (Timnas Muda) langsung menghadapi lawan berat, Malaysia pada laga perdana 8th SEABA U-18 Championship di Singapura. Timnas Muda mematok target ambisius mematahkan rekor 17 tahun tak lolos kejuaraan FIBA Asia.
 
Pelatih Timnas Muda Nathaniel ‘Nath’ Canson optimistis melewati tunamen yang menerapkan system round robin ini. Dia menilai, beberapa uji coba yang digelar di Filipina member modal bagus bagi Timnas Muda menghadapi turnamen yang berlangsung 26-30 Juni mendatang.
 
“Kemampuan anak-anak berkembang signifikan. Uji coba di Filipina juga member gambaran kesiapan Timnas Muda menghadapi turnamen. Ada beberapa celah pada serangan dan pertahanan yang harus dibenahi. Tapi kami optimis tim bisa meraih hasil maksimal,” kata Nath, Minggu (24/6/2012).
 
Nath mengatakan, chemistry anak asuhnya di lapangan cukup menjanjikan. Sehingga, dia yakin, Timnas Muda mampu mematahkan rekor 17 tahun tak pernah lolos FIBA Asia yang akan digelar di Mongolia, Agustus mendatang.
 
Setelah Malaysia, Timnas Muda akan menghadapi tuan rumah Singapura, lalu Laos, dan terakhir Filipina. Setiap tim akan saling bertemu satu kali. Tiga tim teratas di akhir turnamen secara otomatis akan melaju ke 22nd FIBA Asia U-18 Championship. Terakhir, Indonesia tampil di ajang itu pada 1995, di Manila, Filipina.
 
CEO Timnas Muda Azrul Ananda mengatakan, pemusatan latihan dan serangkaian uji coba mampu membentuk chemistry dalam Timnas Muda. Chemistry ini menjadi modal penting sebelum bertempur di ajang SEABA.
 
“Salah satu hal yang harus terbentuk adalah chemistry. Percuma punya kumpulan anak berbakat kalau tidak bersatu. Rangkaian uji coba di Filipina telah berhasil membangun kekompakan dan rasa percaya antara para pemain,” kata Azrul.
 
“Selama lebih dari 30 tahun, tim ini akan menjadi generasi terbaik basket Indonesia. Mereka memiliki skill dan postur yang sangat menunjang. Saya percaya, mereka bisa membawa Indonesia maju ke FIBA Asia setelah Indonesia absen sekian lama,” kata Nabajer Timnas Muda Danny Kosasih.
(Sodik Arrasyid/Koran SI/hmr)

No comments:

Post a Comment