Friday, October 19, 2012

Mantan Kiper Liverpool Diserang Penggemar


Dok. Daily MailChris Kirkland (kiper Sheffield Wednesday/kiri) tengah dipukul penggemar Leeds United, setelah gawangnya kebobolan pada menit ke-77 dalam laga Championship Division, Jumat (19/10/2012). Pertandingan itu akhirnya berkesudahan 1-1.

SHEFFIELD,  — Kiper Sheffield Wednesday, Chris Kirkland, harus mendapat perawatan setelah diserang fans yang memasuki lapangan Stadion Hillsborough saat berlaga melawan Leeds United, Jumat (19/10/2012).

Eks penjaga gawang Liverpool dan Inggris itu baru saja kebobolan oleh gol pemain "The Whites", Michael Tonge, pada menit ke-77. Kedudukan saat itu 1-1.

Tak berapa lama, seorang penggemar Leeds berlari memasuki lapangan dan memukul pipi Kirkland dengan kedua tangannya. Kiper berusia 31 tahun itu langsung terjatuh.

"Saya kira kejadian seperti itu terakhir berlangsung 15 atau 20 tahun lalu. Fans seperti itu seharusnya dilarang menyaksikan pertandingan tandang timnya," ucap Dave Jones, pelatih "The Owls", sebutan Wednesday, kepada BBC Radio 5 Live.

"Mereka ibarat binatang keji tak berperasaan. Sudah seharusnya mereka dihukum. Aku pernah mengalaminya selama 12 tahun dan itu menyedihkan karena mereka dapat melakukan hal seperti itu (berhubungan dengan kekerasan dan rasialisme)," tegas Jones lagi.

Kepolisian Yorkshire Selatan telah merilis pernyataan resmi akan menyelidiki insiden itu, terutama di tribun yang ditengarai merupakan asal botol dan kursi yang dilemparkan ke lapangan.

Kirkland sendiri akhirnya dapat meneruskan pertandingan hingga selesai, tapi Jones mengaku kiper andalannya itu merasa pusing, terhuyung-huyung, dan nyaris tak sadarkan diri.

Bos Leed, Neil Warnock, merasa malu sebagai pelatih tim tamu.

"Insiden itu mutlak aib bagi kami. Mereka sudah seharusnya menangkap orang itu, mengadili, dan memenjarakannya," tandas Warnock.

"Saya tak peduli dengan atmosfer pertandingan dengan sikut yang beradu, tapi melihat hal seperti itu (penggemar mencederai pemain) di lapangan adalah memalukan," keluhnya.

Sebanyak 5.300 fans Leeds berada dalam ingar-bingar 28.582 penonton di Hillsborough dan tak berapa lama setelah pertandingan selesai, keluarlah pernyataan resmi "The Whites".

"Leeds United menyatakan permintaan maaf kepada publik dan mengecam aksi penggemar yang memasuki lapangan dan menyerang kiper Sheffield Wednesday, Chris Kirkland. Klub akan bekerja sama sepenuhnya dengan polisi dan pihak yang berwenang dalam sepak bola untuk mengidentifikasi pelakunya," tulis rilis resmi Leeds.

Pertandingan Championship Division itu sendiri berakhir 1-1.

 

No comments:

Post a Comment