Monday, August 6, 2012

Tim Basket Putra Inggris Raya Raih Kemenangan Perdana

Luol Deng jadi motor kemenangan Inggris atas China/Getty Images
Luol Deng jadi motor kemenangan Inggris atas China/Getty Images

LONDON – Untuk pertama kalinya dalam 64 tahun, tim bola basket putera Inggris Raya berhasil meraih kemenangan di ajang Olimpiade. Tuan rumah berhasil menaklukan China dalam pertandingan terakhir penyisihan Grup B dengan skor telak 90-58.
 
Bertanding di O2 Arena, London, Senin dinihari WIB tadi, Inggris Raya yang dimotori pebola basket Chicago Bulls Luol Deng membuat China yang mengandalkan bekas pemain Dallas Mavericks Yi Jianlin mati kutu.
 
Sejak kuarter pertama, Deng dkk. senantiasa unggul dan tak bisa dikejar Jianlin cs. Tuan rumah unggul 27-15 di kuarter pertama, 46-31 di kuarter kedua, 72-48 di kuarter ketiga, sebelum menutup pertandingan dengan kemenangan telak 90-58.
 
Menariknya, kemenangan terakhir basket putera Inggris Raya juga terjadi di London pada Olimpiade 1948. Ketika itu mereka menang atas Irlandia.
 
Kieran Achara menjadi penyumbang poin terbanyak Inggris Raya dengan 16 poin. Meski menang, Inggris Raya tetap tersingkir mengingat dalam empat pertandingan sebelumnya, mereka selalu menelan kekalahan, antara lain dari Rusia (75-95), Brasil (62-67), Spanyol (78-79), dan Australia (75-106).
 
Begitu pula dengan China yang bahkan harus pulang dengan rekor 0-5 alias selalu kalah. Dengan demikian, empat tim yang lolos ke fase knock out dari Grup B adalah Rusia, Brasil, Spanyol, dan Rusia, sementara dari Grup A antara lain Amerika Serikat, Prancis, Argentina, dan Lithuania.
(auz)

No comments:

Post a Comment