Monday, August 6, 2012

La Masia Kuasai Barcelona


KENZO TRIBOUILLARD / AFPSkuad Barcelona ketika berhadapan dengan Paris Saint-Germain, 4 Agustus 2012.

BARCELONA, — Barcelona layak disebut sebagai klub pengembang pemain muda terbaik. Produk akademi sepak bolanya, La Masia, terbukti menguasai skuad utama Barcelona musim ini.

Sebanyak 17 dari 25 pemain utama "El Barca" merupakan pemain didikan La Masia. Jumlah itu jelas paling banyak ketimbang klub-klub Eropa lain dalam hal memercayai lulusan akademinya untuk bermain di tim senior.

Pelatih anyar Tito Vilanova juga bisa meneruskan impian mantan Pelatih Barcelona, Louis van Gaal, pada 1998 lalu. Saat itu, Van Gaal pernah berujar ingin membawa "Azulgrana" menjadi juara kompetisi Eropa dengan starting eleven lulusan La Masia.

"Saya percaya tujuan memenangi kompetisi Eropa dengan 11 pemain utama La Masia. Tetapi, itu tak akan terjadi tahun ini karena hanya menimbulkan kritik dan masalah buat saya," ucap Van Gaal saat menjadi Pelatih Barcelona.

Sekitar 14 tahun berselang, impian Van Gaal bisa saja jadi kenyataan, meski tak lagi dinakhodainya. Musim ini, "Blaugrana" memiliki 68 persen pemain utama yang berasal dari La Masia.

Memang tak ada jaminan Vilanova bakal lebih sering memainkan 11 pemain inti alumni La Masia. Namun, kesempatan itu masih terbuka dengan banyaknya pemain dari akademi di tim senior.

17 pemain lulusan La Masia:
Victor Valdes, Martin Montoya, Gerard Pique, Marc Bartra, Carles Puyol, Andreu Fontas, Marc Muniesa, Jordi Alba, Sergio Busquets, Thiago Alcantara, Jonathan dos Santos, Xavi Hernandez, Cesc Fabregas, Andres Iniesta, Pedro Rodriguez, Isaac Cuenca, Lionel Messi

8 pemain non-La Masia:
Jose Pinto, Daniel Alves, Javier Mascherano, Ibrahim Afellay, Alexis Sanchez, David Villa, Adriano Correia, Eric Abidal

Sumber: Sport Espana

No comments:

Post a Comment