Saturday, August 4, 2012

Inggris Raya Tersisih, Jepang Masih Perkasa

Logo Olimpiade 2012 (foto: Ist)
Logo Olimpiade 2012 (foto: Ist)

JAKARTA – Empat laga perempatfinal Sepakbola Putra Olimpiade London telah diselesaikan. Tuan rumah Inggris Raya harus tersisih. Hebatnya pada semifinal nanti bakal ada dua raksasa Asia, Jepang dan Korea Selatan. 

Diawali dari pertandingan antara Jepang dan Mesir, di mana Negeri Sakura ini terus melakukan permainan yang menjanjikan di ajang Olimpiade ini. Setelah memupus harapan Spanyol U-23 untuk meraih medali emas, Jepang kali ini membantai negeri yang terkenal dengan cerita Fir’aun-nya, Mesir dengan skor 3-0. 

Ketiga gol Jepang diciptakan oleh Kensuke Nagai menit ke-14, Maya Yoshida (78’), dan Yuki Otsu (83′). Pada semifinal nanti, Negeri Samurai Biru ini bakal menghadapi Mexico U-23, yang juga menang atas Senegal dengan skor 4-2.

Duel sengit terjadi pada laga yang berlangsung di Wembley Stadium ini, Mexico sempat unggul dua gol lewat kaki Jorge Enriquez (10’) dan Javier Aquino (62’). Namun Senegal tak tinggal diam, dua gol balasan disarangkan Senegal lewat pemainnya, Moussa Konate (69’) dan Ibrahima (76’). 

Tapi pada saat perpanjangan waktu, Mexico akhirnya bisa mempertegas kemenangan mereka dengan menciptakan dua gol lagi, lewat kaki Giovanni dos Santos (98’) dan Hectro Herrera (109’). 

Pertandingan yang tragis tercipta kala Korea Selatan mampu menyingkirkan tuan rumah Inggris Raya lewat drama adu penalti. Bahkan pada waktu normal, Negeri Gingseng mampu unggul lewat Dong-Won Ji di menit ke-29, sebelum akhirnya disamakan lewat Aroon Ramsey lewat titik putih. 

Skor 1-1 ini bertahan hingga perpanjangan waktu hingga berlanjut ke babak adu penalti. Dari lima algojo Inggris Raya, hanya Daniel Strurridge yang gagal. Sementara para pemain Korea Selatan membabat habis kesempatan dengan kesuksesan. 

Hasil ini sekaligus meloloskan mereka ke babak semifinal, di mana Brasil telah menant. Anak muda Selecao ini baru saja menghempaskan perlawanan ketat Honduras dengan skor tipis 3-2. 

Bermain dengan sepuluh pemain sejak menit ke-30, tak membuat Honduras kehilangan asa. Bahkan mereka sempat unggul pada menit ke-12 lewat Mario Martinez, sebelum akhirnya Leandro Damiao menyamakannya di menit ke 38. 

Honduras membuat kejutan dengan kembali memimpin lewat gol Roger Espinoza. Tapi Brasil kembali menyamakan kedudukan lewat penalti Neymar di menit ke 51. Hingga akhirnya Damiao menjadi pahlwan lewat gol keduanya di pertandingan ini. 

Berikut hasil lengkap perempatfinal Sepakbola Putra Olimpiade London:
Jepang U-23 3 – 0 Mesir U-23
Mexico U-23 4 – 2 Senegal U-23
Brazil U-23 3 – 2 Honduras U-23
Inggris Raya U-23 1(4) - 1(5) Korea Selatan U-23 

Berikut jadwal semifinal Sepakbola Putra Olimpiade Selasa (7/8/2012):
Mexico U-23 vs Jepang U-23
Korea Selatan U-23 vs Brasil U-23
(fir)

No comments:

Post a Comment