Sunday, August 19, 2012

Song, Bukti Cinta Barca kepada Afrika


AFPGelandang Arsenal, Alex Song (kanan), dalam proses pindah ke Barcelona.

BARCELONA, — Senin (20/8/2012), Alex Song bakal resmi berkostum Barcelona setelah memutuskan hengkang dari Arsenal pada bursa transfer musim panas ini.

Rencananya, Song dikontrak lima musim dengan nilai transfer 19 juta euro (sekitar Rp 222 miliar). Dengan kehadiran Song di Camp Nou, maka akan menambah deretan pemain asal Afrika yang pernah membela "El Barca".

Song yang berpaspor Kamerun menjadi pemain ketujuh asal Afrika yang memperkuat Barca. Lalu siapa saja pemain asal Afrika yang pernah menghiasi Barca?

Jorge Alberto Mendonca
Mendonca merupakan pemain pertama asal Afrika yang membela Barca. Pemain berkewarganegaraan Angola itu dibeli "Blaugrana" dari Atletico Madrid pada 1967.

Duo Nigeria
Pemain asal Afrika selanjutnya adalah Emmanuel Amunike yang berasal dari Nigeria. Dia diboyong dari Sporting Lisbon padpa 1996. Dua tahun kemudian, tepatnya di era Louis van Gaal, Samuel Okunowo yang merupakan kompatriot Amunike mendarat di Barca.

Samuel Eto'o
Eto'o menjadi pemain asal Afrika yang paling bersinar bersama Barca. Dipinang dari Mallorca pada 2004, Eto'o sukses mencicipi manisnya berbagai trofi. Dia mampu membawa Barca meraih tiga gelar juara Liga BBVA beruntun, dua trofi Liga Champions, dua trofi Piala Super Spanyol, dan Copa del Rey.

Yaya Toure, Seydou Keita, Song

Toure menjadi pemain kelima asal Afrika yang pernah membela Barca setelah diboyong dari AS Monaco. Sementara Keita merupakan pembelian pertama yang dilakukan Pep Guardiola saat ditunjuk sebagai pelatih. Musim panas ini, Keita memilih hengkang setelah empat tahun membela Barca. Dia melanjutkan kariernya ke China dengan memperkuat Dalian Aerbin.

Sebagai ganti Keita, Barca memboyong Song dan dia akan menjadi pemain ketujuh asal Afrika yang membela Barca. (BRC)

No comments:

Post a Comment