Thursday, December 13, 2012

Thailand dan Singapura, Tuju Trofi Prestisius Keempat


ROSLAN RAHMAN / AFPPara pemain dan ofisial Singapura meluapkan kegembiraan mereka setelah mencetak gol pertama ke gawang Filipina dalam laga semifinal kedua Piala AFF 2012 di Stadion Jalan Besar, Rabu (12/12/2012).

JAKARTA, - Kemenangan 2-0 Thailand atas Malaysia di Stadion Supachalasai, Bangkok, Kamis (13/12/2012), mengantarkan tim Gajah Putih ke partai puncak dan menantang Singapura. Pertemuan Thailand dengan Singapura, sekaligus akan menentukan tim pertama yang sukses meraih trofi keempat Piala AFF.

Singapura meraih tiga gelar kampiun turnamen yang dulu disebut sebagai Piala Tiger itu pada 1998, 2004, dan 2007. Sementara Thailand mendapatkannya pada 1996, 2000 dan 2002. Dalam sejarah Piala AFF, kedua tim pernah sekali bertarung di final 2007. Ketika itu, Singapura jadi juara dengan memukul sang tamu Thailand 2-1 pada leg pertama dan menahan imbang 1-1 di Bangkok.

Final kali ini berformat sama. Singapura akan bertindak sebagai tuan rumah lebih dulu pada 19 Desember. Tiga hari selanjutnya, giliran Thailand yang menjamu The Lions.

Terlepas dari kontroversi kartu merah yang diterima pemain Malaysia Mohammad Fadli, Thailand layak memenangi semifinal kedua dan meraih tiket final. Tim polesan pelatih Winfried Schaefer jadi tim terkonsisten penampilannya.

Kemenangan Gajah Putih atas Harimau Malaya dua gol tanpa balas itu juga menunjukkan kelas permainan mereka. Teerasil Dangda membuka keunggulan Thailand pada menit ke-61, dengan memanfaatkan kelengahan barisan pertahanan Malaysia. Empat menit kemudian Theerathon Bunmathan mencetak gol kedua menyambar bola pantul hasil tendangan bebas Jakkapan.

No comments:

Post a Comment