Wednesday, December 12, 2012

Dua Gol Messi Hantam Cordoba


AFP/CRISTINA QUICLER Selebrasi Lionel Messi usai membobol gawang Cordoba pada babak 16 besar Copa del Rey, Rabu atau Kamis (13/12/2012) dini hari WIB.

CORDOBA, — Penyerang Barcelona, Lionel Messi, memborong dua gol sekaligus mengantarkan kemenangan timnya 2-0 atas klub Divisi Segunda, Cordoba, pada perdelapan final Copa Del Rey di Stadion Nuevo Arcangel, Rabu atau Kamis (13/12/2012) WIB.

Berondongan gol itu menambah rekor Messi. Bintang asal Argentina tersebut sementara telah mencetak 88 gol sepanjang tahun ini. Sebelumnya, rekor gol setahun dicetak Gerd Mueller yang membukukan 85 gol selama tahun 1972.

Gol pertama Messi diciptakan pada menit ke-11. Serangan cepat Barcelona membuat pertahanan Cordoba kesulitan. David Villa yang menerima umpan terobosan melepaskan umpan silang kepada Messi yang berada di depan gawang. Messi pun kemudian dengan mudah menceploskan bola ke gawang setelah kiper Cordoba, Mikel Saizar, sempat terkecoh.

Mendekati akhir babak pertama, Messi nyaris menambah gol ketika melakukan kerja sama dengan David Villa. Namun, ruangnya sudah ditutup para defender Cordoba, dan upaya Messi hanya menghasilkan tendangan penjuru. Tak ada gol tambahan hingga babak pertama berakhir dan Barca sementara unggul 1-0.

Selepas turun minum, Pedro nyaris mencetak gol seandainya sepakannya tidak melambung di atas mistar gawang Cordoba. Pada menit ke-56, Pedro kembali memiliki peluang emas mencetak gol. Messi dengan cerdik memberikan bola kepada Pedro yang berdiri bebas dalam kotak penalti. Sayang, tembakan keras Pedro masih bisa diblok oleh Mikel Saizar.

Pelatih Tito Vilanova sepertinya tak puas dengan penampilan Pedro. Hal itu terlihat dengan keputusan Tito mengganti Pedro dengan Alexis Sanchez pada menit ke-66.

Dengan trisula Villa, Messi, dan Sanchez, Barca terus berusaha membongkar pertahanan lawan. Sebuah umpan terobosan dari Pique kepada Messi nyaris membuahkan gol pada menit ke-68. Sayang, sepakan keras Messi masih bisa dipatahkan Saizar.

Meski begitu, Messi tak membuang kesempatan emas pada menit ke-74. Dari sisi kiri pertahanan Cordoba, Sanchez melepaskan umpan silang ke dalam kotak penalti. Dengan cepat, Messi, yang lepas dari kawalan, berlari menyosong bola. Messi kemudian melepaskan tembakan yang membuat bola bersarang ke pojok kanan gawang.

Gol tersebut sekaligus memeteraikan kemenangan Barca setelah tak ada gol tambahan sampai laga usai. Kedua tim dijadwalkan kembali bertemu di Camp Nou pada 9 Januari 2013. 

Susunan Pemain
Cordoba:
13-Mikel Saizar; 3-Juan Fuentes, 4-Galvez Gaspar, 17-Jose Manuel Fernandez; 14-Artiz Lopez Garai, 15-Antonio Sanchez Monino Pedro, 20-Aguilar Alberto, 21-Carlos Cabellero, 29-Fede Vico; 12-Vincenzo Rennella, 16-Sebastian Dubarbier

Barcelona:
13-José Manuel Pinto; 2-Dani Alves, 3-Gerard Piqué, 18-Jordi Alba; 6-Xavi, 10-Lionel Messi, 11-Thiago, 14-Javier Mascherano, 25-Alex Song; 7-David Villa, 17-Pedro (Alexis Sanchez 66)

Wasit:
Carlos Del Cerro Grande

 

No comments:

Post a Comment