Wednesday, May 16, 2012

Percasi Gelar Eksibisi di Bawah 6 Tahun

SURABAYA – Pengprov Percasi Jatim menggelar pertandingan catur untuk usia 6 tahun ke bawah dalam Kejurprov di Lumajang, pada 20 Mei mendatang. Eksibisi tersebut merupakan ajang untuk pencarian bibit-bibit catur sejak dini. Selain itu, peserta yang berhasil di Kejurprov itu akan dikirim di Kejurnas mewakili Propinsi Jawa Timur.
 
Ketua Umum Pengprov Percasi Jawa Timur Henky Kurniadi mengatakan, ajang untuk usia 6 tahun ke bawah ini merupakan pertama kali digelar dalam Kejurprov. "Mereka yang masih di bawah 6 tahun ini hanya sampai di Kejurprov. Sementara usia lainnya yang masuk dalam kategori lomba akan dikirim ke Kejurnas," kata Henky kepada wartawan di Surabaya, Rabu (16/5/2012).
 
Dalam Kejurprov itu, ada 38 Pengcab yang bakal mengirimkan para pecatur baik putra maupun putri. Sebanyak 7 kategori yang bakal dipertandingkan dalam Kejurprov tersebut. Kategori itu tergantung usia masing-masing pecatur.
 
"Dari hasil Kejurprov ini ada 50 pecatur yang akan dikirim ke Kejurnas pada Juni mendatang," katanya.
 
Untuk usia di bawah 6 Tahun, Jawa Timur memiliki pecatur handal. Pecatur masih belia itu adalah Bintang Rasyid yang saat ini masih duduk di bangku Taman Kanak-kanak. Pada POR SD tahun 2011 lalu, Bintang mendapatkan juara pertama untuk kategori usia 10 tahun ke bawah.
 
Henky juga mengatakan, olah raga catur saat ini digarap pada segmen sportaiment. Pasalnya, olah raga catur berubah menjadi hiburan. Sehingga menjadikan olah raga catur kian kreatif.
 
"Dengan menjadikan catur sebagai Sportaiment menjadikan olah raga otak ini menjadi kian memasyarakat," tukas Henky.
(hmr)

No comments:

Post a Comment