Friday, May 25, 2012

Lengan Ayun Alumunium, Senjata Baru Ducati

Valentino Rossi kini akan menunggangi Desmosedici GP12 berlengan ayun alumunium/Getty Images
Valentino Rossi kini akan menunggangi Desmosedici GP12 berlengan ayun alumunium/Getty Images

MUGELLO – Ducati kini mempunyai senjata baru di motor Desmosedici GP12, yakni lengan ayun berbahan alumunium. Bahan alumunium ini menggantikan bahan serat karbon yang digunakan sebelumnya.
 
Kepastian penggunaan lengan ayun—salah satu komponen utama kaki-kaki belakang pada sepeda motor untuk menopang suspensi—berbahan alumunium ini telah dikonfirmasi oleh general direktur Ducati Corse Filippo Preziosi.
 
“Kami mengerjakan berbagai konfigurasi elektronik, mesin, dan sasis, termasuk lengan ayun berbahan alumunium,” kata Preziosi seperti dikutip dari Crash, Jumat (25/5/2012).
 
Lengan ayun alumunium ini sudah langsung dicoba oleh dua pembalap Ducati Valentino Rossi dan Nicky Hayden pada tes hari kedua, Kamis (24/5) kemarin. Pada tes di Sirkuit Mugello, Italia itu, Rossi melahap 76 lap, sementara Hayden 81 lap.
 
“Saya bisa katakan itu tes yang sangat berguna karena kami memperoleh informasi yang sangat berguna di berbagai area motor,” ujar Preziosi.
 
Ducati tidak asing dengan perangkat berbahan alumunium. Sebelum mulai memakai lengan ayun serat karbon pada 2009 lalu, tim asal Kota Bologna itu menggunakan lengan ayun berbahan alumunium.
 
Mengingat di awal musim ini Ducati juga mengganti sasis serat karbon dengan sasis alumunium, bukan tidak mungkin semua perangkat berbahan serat karbon akan diganti dengan alumunium.
(auz)

No comments:

Post a Comment